Jumat, 16 Juli 2010

Strategic Change Champion

CHAMPION bisa punya pengertian ’somebody who exemplifies excelence or achievement’. Strategic Change Champion adalah individu di dalam organisasi yang memiliki inisiatif dan memimpin proses perubahan strategis dan membawa orang lain untuk bersamanya melakukan perubahan.

Hadiah Strategic Change Champion diberikan kepada Chairul Tanjung, karena inisiatif dan kepemimpinannya dalam proses perubahan strategis di berbagai organisasi bisnis pada masa krisis serta kesungguhan tekadnya untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia.

Ada sebuah cerita menarik ketika krisis melanda dunia bisnis yang berdampak pada grup bisnisnya. Chairul Tanjung pantang menyerah. Ia berkeliling Indonesia bertemu dengan seluruh karyawanya.

Apa pesanya kepada para karyawan? Ada tiga pesanya. Pertama, “jika krisis yang kita hadapi sangat panjang dan semua orang harus mati, maka pastikan anda menjadi orang yang terakhir mati”.

Kedua, “jika krisis yang kita hadapi ini sangat panjang dan hanya tersisa satu orang yang hidup, maka pastikan anda menjadi orang tersebut”. Ketiga, “jika tidak terjadi krisis maka pastikan anda menjadi orang yang paling bahagia karena anda sudah siap”.

Cerita itu melukiskan bagaimana sosok Chairul Tanjung dalam berbisnis. Berbinis seakan perjuangan kemerdekaan. Urusan mati hidup. Semangat pantang menyerah. Selalu siaga dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

Spirit semacam ini yang membuatnya kembali dan kembali bangkit ketika jatuh bangkrut di awal-awal perjalanan bisnisnya. Bahkan, jejak lompatan besar bisnisnya terjadi ketika Indonesia mengalami krisis berkepanjangan.

Ketika krisis terjadi, ia mengakuisisi sebuah kecil yang nyaris bangkrut, Bank Karman. Sebuah keputusan yang dinilai kontroversial oleh orang-orang dekatnya. Tetapi spirit perjuangan membuatnya berhasil mengubah bank itu menjadi Bank Mega. Mengubah bank kecil hampir bangkrut menjadi bank papan atas.

Dalam berbisnis, Chairul Tanjung lihai mengkawinkan antara peluang dengan visi bisnisnya. Ia cermat melihat keadaan disekitar, melihat sisi positif dari keadaan itu dan menciptakan gambaran terang akan masa depan bisnisnya.

Jejak awal kekuatanya itu sudah tampak ketika ia mengubah ruang bawah tangga di kampusnya menjadi tempat bisnis fotocopy, yang akhirnya menjadi trend yang muncul di seluruh kampus Universitas Indonesia. Pola semacam ini terlihat juga pada langkah-langkah bisnisnya di kemudian hari.

Langkah bisnisnya masuk dalam media dengan mendirikan Trans TV, yang hadir ketika telah banyak stasiun televisi tetapi berhasil menempati posisi yang unik dan beda. Melalui program-program inovatif dan kreatif, Trans TV berhasil melompat dalam jajaran atas dunia pertelevisian Indonesia.

Pada akhirnya, perjalanan Chairul Tanjung, telah merambah berbagai bidang bisnis dalam payung Para Group, yang berpusat pada yaitu bidang financial services, bidang media-lifestyle- entertainment, dan bidang energy-mining-infrastructure.

Sepak terjang dalam dunia bisnis telah menjadikannya sebagai The Rising Star. (www.mppo.psikologi.unair.ac.id/http://appreciative organization.wordpress.com)

1 komentar:

  1. Salam Sukses selalu…
    saya sangat kagum dengan postingan2 Anda boss! terima kasih telah banyak berbagi.

    BalasHapus