Jumat, 16 Juli 2010

Ritel, Industri yang Dinamis

RITEL adalah industri yang dinamis di mana terdapat dinamika hubungan antara barang dan manusia. Barang yang diolah melalui ketatnya rentetan proses produksi dan melewati panjangnya jalur distribusi hanyalah menjadi sia-sia, apabila barang tersebut tidak dibeli oleh masyarakat melalui mekanisme pasar, antara lain melalui pasar tradisional maupun modern.

Untuk tujuan agar sebuah barang dapat dimanfaatkan oleh manusia, maka diperlukan sebuah tempat, usaha, jasa atau industri yang mempertemukan barang tersebut dengan pengguna yang dikenal dengan istilah ritel. Ritel dalam pengertian secara umum terlihat dari mulai pengasong dan kedai di tepi jalan, warung di kampung, toko hingga pasar modern seperti supermarket, hypermarket.

Mengingat kebutuhan masyarakat terhadap barang meningkat dalam kualitas dan kuantitas, maka industri ritel pun tumbuh pesat sejalan dengan pertumbuhan di sektor-sektor ekonomi dan sektor lain. Dengan tumbuhnya bisnis ritel pada akhirnya membuka peluang lebar pula pada bisnis-bisnis lain yang menunjang kegiatan bisnis ritel tersebut.

Misalnya, peluang lembaga pendidikan menawarkan program formal maupun non formal di bidang manajemen ritel bahkan peluang munculnya media massa yang khusus mengupas berbagai konsep, aktivitas dan kegiatan yang terkait dengan bisnis ritel seperti website RITEL ini.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sebagai institusi pendidikan yang telah mencoba mengambil peran dalam pengembangan manajemen ritel tersebut dengan membuka konsentrasi manajemen ritel (S1) maupun program setara D1 Manajemen Ritel, sangat menyambut positif penerbitan website ini.

Keberadaan website ini diharapkan akan menjadi wadah atau media bagi banyak pihak untuk lebih mengembangkan ritel dari sisi praktik maupun keilmuan. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar