Minggu, 02 Mei 2010

CARREFOUR

Trans Corp Genggam 40% Saham Carrefour

Trans Corp anak usaha dari Para Group mengakuisisi 40 persem saham PT Carrefour Indonesia dan menjadi pemegang saham terbesar. Nilai total dari akuisisi perusahaan retail terbesar di Indonesia tersebut itu di atas 300 juta dolar AS atau sekitar Rp 3 triliun lebih.

Pemilik Para Group Chairul Tanjung mengatakan, untuk akuisisi Carrefour ini pihaknya mendapat pinjaman dari konsorsium empat Bank Asing sebesar 350 juta dolar AS. “Di antaranya Credit Swiss, Citibank, JP Morgan, ING Commercial Bank. Sisanya akan digunakan untuk menambah modal usaha,” paparnya di Jakarta, Jumat (16/4)
Chairul mengungkapkan, dengan penguasaan 40 persen saham, pihaknya mendapatkan hak untuk menduduki posisi komisaris sebanyak empat orang dan direksi sebanyak dua orang. “Saya sekarang yang menjadi Presiden Komisaris PT Carrefour Indonesia,” jelasnya.
Saat ini, sambung Chairul, dua posisi komisaris diduduki oleh mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) S Bimantoro dan Jenderal Purnawirawan AM Hendropriyono. “Nah dari empat komisaris baru terisi tiga orang saja. Sedangkan dari dua direksi, belum masuk satu pun sampai sekarang,” ungkapnya.
Chairul menjelaskan, saat ini Carrefour menghadapi beberapa kendala, dan tujuan jangka pendek pihaknya ialah menyelesaikan kendala itu secepatnya. Terutama, sambung dia, terkait pengajuan kasasi kepada Mahkamah Agung (MA) oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). “Kami akan menghadapi gugatan itu sesuai dengan prosedur formal hukum,” ulasnya.
Dia menuturkan, jika dirinya akan segera menemui KPPU untuk mencari jalan ke luar. Seperti diketahui, pihak KPPU kini sedang mengajukan kasasi ke MA, setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan membatalkan seluruh putusan KPPU No 09/KPPU-L/2009, tanggal 3 November 2009 terkait kasus Carrefour.
Dalam keputusan sebelumnya, KPPU menyatakan Carrefour bersalah yang melanggar pasal 17 ayat 1 mengenai monopoli dan pasal 25 ayat 1 huruf (a) mengenai possisi dominan sesuai UU No 5 tahun 1999 mengenai larangan praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.
Dari putusan itu pihak KPPU memutuskan untuk memberikan denda hukuman kepada Carrefour Rp 25 miliar. KPPU juga meminta kepada Carrefour untuk melepas kepemilikan seluruh sahamnya di PT Alfa Retailindo kepada pihak yang tidak terafiliasi dengan Carrefour selambat-lambatnya satu tahun setelah putusan KPPU.
Seperti diketahui, pada Januari 2008 Carrefour mengakuisisi 75 persen saham PT Alfa Retailindo Tbk yang pada saat itu mengiperasikan 29 Suoermarket. Atas keputusan tersebut, akhirnya Carrefour pun mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan akhirnya menang.
Selain itu, Chairul menjelaskan, terkait penutupan gerai Carrefour di beberapa daerah, Chairul memastikan hal itu bukan karena peritel itu melanggar peraturan daerah. “Tidak ada satupun gerai yang melanggar peraturan daerah,” ungkapnya.
Menurutnya, semua itu adalah masalah-masalah yang akan diselesaikan Carrefour setelah ini.
Selain itu, Chairul menyatakan, momentum pengakuisisian ini harus disukuri sebagai langkah pertama sebuah perusahaan nasional mengakuisisi perusahaan mutinasional yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia.
Ditanya soal rencana akuisisi mendatang, Chairul masih enggan memberikan keterangan. Menurutnya, sementara ini pihaknya hanya akan berfokus pada core bisnis Para Group. Di sektor Finansial, lanjut dia, belum ada rencana.
Sedangkan untuk akuisisi media lifestyle, ungkap Chairul, ini adalah rencana bagus yang akan berkembang, baik organik dan anorganik. “Namun, sampai saat ini belum ada yang bisa kami laporkan, jadi kami akan laporkan kalau ada yang sudah selesai kesepakatan,” ucapnya.
Chairul mengungkapkan, jika ke depannya Carrefour harus dapat memastikan sembilan bahan pokok bisa dijual dengan harga yang terbaik dan memberi kesempatan yang lebih luas kepada UMKM untuk menjual produknya serta menjadi pembina dari kelompok-kelompok tani dan perternak.
Sementara itu, CEO PT Carrefour Indonesia, Shafie Shamsuddin menuturkan, dengan adanya akuisisi ini diharapkan akan semakin memperkuat kedua belah pihak. Menurutnya, Para Group memiliki beberapa unit usaha yang dapat dihubungkan dengan Carrefour. “Contohnya disektor finansial para supplier nantinya dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan melalui institusi keuangan yang ada di Para Grop,” terangnya.
Shafie mengungkapkan, pada tahun 2010 ini ditargetkan akan membuka 13 gerai baru. “Akhir bulan ini kami akan buka dua gerai, satu di Singaraja di Bali dan satu lagi di Pontianak,” tukasnya.
Jadi saat ini, kepemilikan saham PT Carrefour Indonesia terdiri atas 40 persen Trans Corp, Carrefour SA setara dengan 39 persen, Carrefour Nederland BV setara dengan 9,5 persen dan Onesia BV setara dengan 11,5 persen.
Saat ini Carrefour Indonesia mengoperasikan 79 gerai yang terdiri dari 63 hypermarket dan 16 supermarket di 22 kota. Pada tahun 2009 Carrefour Indonesia memperoleh nilai penjualan sebesar Rp 11,7 triliun. Carrefour saat ini juga memiliki sekitar 20 ribu karyawan langsung dan tidak langsung seperti konsultan produk, kebersihan dan keamanan yang terbesar di seluruh Indonesia.
Carrefour bermitra dengan lebih dari 4000 pemasok dari seluruh Indonesia yang 70 persen dari jumlah tersebut merupakan termasuk dalam kategori usaha kecil dan menengah (UKM)


Kalau di Indonesia, nama Carrefour yang paling terkenal dan dominan di industri retail. Terlebih setelah mengakuisisi Alfa pada awal 2008, Carrefour makin mengukuhkan diri sebagai penguasa pasar modern di Indonesia, jauh melewati pemain lain seperti Hero-Giant dan Matahari-Hypermart.

Namun di Amerika Serikat lain. Sebab sejak Carrefour ditutup di Amerika Serikat pada 1993, belum ada tanda-tanda hypermart asal Prancis itu akan membuka lagi di negeri Paman Sam. Dan dari laporan konsumen yang dikeluarkan baru-baru ini oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat, untuk tingkat kepuasan berbelanja konsumen, yang muncul adalah nama-nama besar lain di bisnis retail, seperti Costco, Kohl’s, Target, JC Penney, Sears, Sam’s Club, Macy’s, Walmart, dan Kmart.

Apa kelebihan mereka?

Menarik cara mereka menarik berkompetisi di industry retail kan?

Bagi Anda yang berniat menyaingi hypermart Carrefour atau minimarket seperti Alfamart dan Indomaret, nantikan artikel lanjutannya yang memuat kelima retailer sukses Amerika Serikat lainnya. Dan dilanjutkan kemudian dengan posting para retailer online.

Pernahkah anda mendengar BannerStore?
Mungkin di antara anda ada yang sering mendengar bahkan ada juga yang sama sekali belum pernah mengetahuinya.
Bannerstore sebenarnya adalah terobosan terbaru dari pemilik bisnis perusahaan besar Network Marketing asal China (Tianshi) yaitu Mr. Li Jin Yuan yang melihat besarnya peluang pasar di bidang retail. Beliau memiliki visi yang besar tentang kelangsungan perusahaannya di masa depan.

Seperti yang kita ketahui, peringkat puncak 500 perusahaan tertinggi dunia, selama lebih dari 5 tahun ini selalu diduduki oleh perusahaan retail “ WalMart”. Padahal cabang WalMart di seluruh dunia tidak kurang dari 10 negara saja.
Menyikapi hal tersebut, Tianshi yang sudah memiliki cabang perusahaan di lebih 190 negara, pastinya akan lebih melejit jika bisa menggabungkan konsep retail kedalam bidang usahanya. Karena itulah konsep BannerStore di buat sebagai salah satu perintis retail supermarket dengan konsep direct selling.
Fortune 500 adalah pemberian peringkat 500 perusahaan terbesar di amerika berdasarkan pendapatan bruto perusahaan tersebut dan dipublikasikan oleh majalah Fortune tiap tahun.
Ini adalah list 10 perusahaan terbesar fortune 500 tahun 2007, di tahun 2008 ini kurang lebih komposisi peringkatnya hampir sama;

1. Wal-Mart
2. Exxon Mobil
3. General Motor
4. Chevron
5. Conoco Philips
6. GE
7. Ford Motor
8. City Group
9. Bank Of America
10. AIG
Terbukti, bahwa Bisnis Retail sangat menjanjikan Wal-Mart sepanjang tahun 2007 saja bisa menghasilkan Revenue sebesar US$351.1 billion, setara dgn Rp 3335.4 Triliun (Asumsi 1 USD = Rp 9500), silahkan anda lihat financial reportnya di website resmi WalMart.

Perlu anda ketahui,
Wal-Mart bisa meraih peringkat pertama fortune 500 dengan Jaringan hanya di 10 negara termasuk USA, dan revenue tahunan sebesar US$351.1 billion pada akhir tahun 2007, berarti konsep manajemennya sangat bagus, berikut adalah jaringan WalMart diluar USA :
Argentina: www.wal-mart.com.ar
Brazil: www.walmartbrasil.com.br
Canada: www.walmartcanada.ca
China: www.wal-martchina.com
Japan: http://www.the-seiyu.com/
Mexico: www.walmartmexico.com.mx
Korea: www.walmartkorea.com
Puerto Rico: www.walmartpr.com
United Kingdom: www.asda.com

Dengan fakta bahwa bisnis retail adalah bisnis nomor satu didunia.Tiens mulai melirik bisnis retail dan digabungkan dengan konsep network marketing (direct selling).
BannerStore adalah konsep pertama dan satu-satunya di dunia
Menyediakan semua keperluan dasar manusia dengan merk-2 yang sudah dikenal masyarakat seperti indofood, wings, unilever, dll.
It’s Banner Day and It’s Beyond Retail, inilah Bisnis retail masa depan.

Website BannerStore: http://www.bannerstore.com.cn/en/index.jsp

Tiens sudah mempunyai jaringan lebih dari 194 negara di seluruh dunia, dan pada tahun 2010 Mr.Li JinYuan (Tiens president) mempunyai visi untuk membangun 50.000 unit supermarket diseluruh dunia, dengan 1000 unit akan dibangun di seluruh indonesia.
Untuk melihat jaringan BannerStore di seluruh dunia silahkan kunjungi website :
http://www.bannerstore.com.cn/en/internation/inter.jsp

Bandingkan dengan Wal Mart,

Wal-Mart USA hanya mempunyai total jaringan di 10 negara, dengan jumlah total 6200 unit supermarket sudah berdiri di dunia, dan 3800 unit diantaranya berada di USA pada akhir tahun 2005.
Untuk melihat jaringan Wal-Mart di dunia silahkan kunjungi website :
http://www.walmart.com/catalog/catalog.gsp?cat=538456#37436

Anda bisa bayangkan?
The best Fortune 500 tinggal dihadapan mata.

Dalam waktu kurang lebih 1 tahun 7 unit supermarket sudah di buka di Indonesia. BannerStore segera menyusul diseluruh kota besar Indonesia.
BannerStore akan merambah ke pelosok daerah dengan konsep minimarket-nya (BannerShop)

Apakah anda siap untuk memiliki Supermarket berskala internasional dan mendapatkan bonus sharing internasional tiap bulan dengan modal sangat kecil?
BannerStore dalam setahun ini sudah dibuka di China, Malaysia, Indonesia, Rusia, Ukraina, myanmar dan secepatnya seluruh dunia.
Franchise Minimarket terbuka untuk semua member distributor Tianshi, kabar baiknya, untuk di daerah Batam dan sekitarnya, kesempatan ini sudah dibuka.
Di Batam, BannerShop minimarket bisa anda miliki dengan modal lebih kecil melalui perusahaan PT.DGL, (hubungi sponsor anda!)
Siapkan jaringan pemakai anda mulai dari sekarang sebagai aset masa depan anda !
Anda hanya kerja 1 – 2 tahun ini untuk membangun aset jaringan dengan support sistem unicore.

Apakah 6 daya tarik BannerStore yang mesti anda perhitungkan?

BannerStore membawa perubahan.
Membuka kesempatan untuk menciptakan uang dari pemakaian kebutuhan sehari-hari, penjualan produk atau jasa yang dihasilkan. Dan uang menyukai perubahan

1. Daya Tarik Aset
Dengan Aset, memungkinkan orang memperoleh uang tanpa harus bekerja selamanya. Aset dapat memberi kebebasan uang, pikiran dan waktu

2. Bisnis retail, bisnis sepanjang masa
Dari Majalah Forbes edisi 2005:
Pengusaha terkaya dunia:
o Sam Walton; US$80 billion = Rp800 Triliun, Bergerak di Bidang bisnis retail supermarket Wal Mart

o William gates III / Bill Gates; US$50 billion = Rp 500 Triliun, Bergerak di Bidang Bisnis Microsoft Software PC

3. BannerStore bisnis”beyond retail” yang sebenarnya
Visi Mr.Li Jin Yuan padah tahun 2010 sebanyak 50.000 supermarket BannerStore akan dibangun diseluruh dunia, demi meraih peringkat pertama Fortune 500 (tianshi sudah merambah >206 negara)

4. Daya Tarik Perawatan kesehatan
Setelah tren bisnis di bidang computer, Era tahun kedepan (2000-2010), Paul Zane Pilzer memprediksi sebagai era bisnis perawatan kesehatan.
Tianshi menjawab dgn produk-produk perawatan kesehatan unggulan. BannerStore memiliki daya tarik ini.

5. Daya Tarik MLM
Mengapa MLM akan semakin bertambah?
• Orang menginginkan kebebasan
• Org ingin hidup berkualitas atau kaya
• Portfolio pensiun pribadi akan dihapus
• Lebih banyak orang sadar
• Meningkatnya kesadaran dunia
• Kemungkinan resesi dunia berulang

6. Daya tarik Negara China
Negara China diprediksi akan menjadi NADA, Negara Adi Daya Anyar(baru). Saat ini USA mengalami kebangkrutan ekonomi, dan China masih kokoh dengan cadangan devisa negaranya yang besar. BannerStore, sebagai anak perusahaan Tianshi berasal dari negara China. Jadi sangat Klop banget.

1 komentar:

  1. Kami adalah organisasi yang ditubuhkan untuk membantu orang yang memerlukan
    Bantuan seperti bantuan kewangan. Jadi, jika anda melalui kewangan
    Masalah, jika anda mempunyai masalah kewangan dan anda memerlukan dana
    Memulakan perniagaan anda sendiri atau anda memerlukan pinjaman untuk membayar hutang atau bayar
    Bil, mulakan perniagaan yang bagus atau anda merasa sukar
    Dapatkan pinjaman modal dari bank tempatan, hubungi kami hari ini melalui e-mel
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

     "Jadi, jangan biarkan peluang ini meluluskan anda,
    Anda dinasihatkan untuk melengkapkan dan mengembalikan butiran di bawah ..

    Nama awak: ______________________
    Alamat anda: ____________________
    Negara awak: ____________________
    Tugas anda: __________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: ______________
    Jangka masa pinjaman: ____________________
    Pendapatan bulanan: __________________
    Nombor telefon: ________________
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum: ________________
    Jika anda telah memfailkan pinjaman terdahulu, di mana anda dilayan dengan jujur? ...

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan, kekacauan, dan cabaran kewangan
    Hubungi REBECCA WILLIAMS LOAN FIRM hari ini melalui e-mel:
    Rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com

    BalasHapus